RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(No
28)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 5 Cirebon
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
VIII/ semester II
Topik : Luas Permukaan Prisma dan Limas
Alokasi Waktu : 3
jam pelajaran 3 x 40 menit (1 pertemuan)
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar : 6.3 Menghitung luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas
Indikator : 6.3.1 menemukan rumus
luas permukaan kubus, balok, prisma tegak dan limas
6.3.2
menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak dan limas
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan Prisma dengan berfikir kreatif, logis, kritis dan inovasi.
2.
Siswa
dapat menghitung luas permukaan prisma dengan teliti
dan pantang menyerah.
3. Siswa dapat menemukan rumus luas permukaan limas dengan berfikir kreatif, logis, kritis dan inovasi
B.
Karakter
siswa yang diharapkan
·
Religius
·
Disiplin
·
Berfikir kreatif, logis, kritis, dan inovatif
·
Percaya diri
·
Menghargai pendapat orang lain
·
Cermat, teliti dan pantang menyerah
·
Demokratis dan santun
·
Tanggungjawab
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Luas
Permukaan Prisma
a.
Menemukan
Luas Permukaan Prisma
Luas Permukaan
Prisma dapat dihitung menggunakan jaring-jaring prisma, caranya adalah dengan
menjumlahkan semua luas bangun datar pada jaring-jaring prisma.
Luas permukaan prisma
= luas
DEF + luas
ABC + luas BADE + luas ACFD + luas CBEF
= (2 x luas
ABC) + (AB x BE) + (AC x AD)
+ (CB x CF)
= (2 x luas
ABC) + [(AB + AC + CB) x AD]
= (2 x luas
alas) + (keliling
ABC x tinggi)
= (2 x luas
alas) + (keliling alas x tinggi)
Dengan
demikian, rumus luas permukaan adalah (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi)
b.
Menghitung
Luas Permukaan Prisma
Contoh: Suatu prisma alasnya berbentuk segitiga siku-siku dengan
panjang sisi 6 cm, 8
cm, dan 10 cm, serta tinggi
prisma 12 cm. Tanpa menggambar
terlebih dahulu, tentukan luas permukaan
prisma
Penyelesaian:
Luas permukaan prisma= (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi)
= 2 x
= 48 + 288 = 336 cm2
Jadi
luas permukaan prisma tersebut 336 cm2\
2.
Luas
Pemukaan Limas
a.
Menentukan
Luas Permukaan Limas
Luas Permukaan Limas dapat dihitung
menggunakan jaring-jaring limas, caranya adalah dengan menjumlahkan semua luas
bangun datar pada jaring-jaring limas.
Luas permukaan limas = luas
persegi ABCD + luas
TAB + luas
TBC + luas
TCD + luas
TAD
= luas
persegi ABCD +(luas
TAB + luas
TBC + luas
TCD + luas
TAD)
= luas
alas + jumlah luas seluruh sisi tegak
Dengan
demikian, rumus luas permukaan adalah luas alas + jumlah luas seluruh sisi
tegak
D.
Model
dan Metode Pembelajran
Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Pemberian Tugas
Model pembelajaran :
Discovery Learning
E.
Langkah-langkah
Kegiatan
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
|
1.
Membuka pelajaran dengan salam pembuka dan meminta seorang siswa untuk
memimpin doa secara religius
|
1 menit
|
|
2.
Guru
memeriksa kehadiran siswa.dengan disiplin
|
1 menit
|
|
3. Apersepsi:
·
Mengecek pemahaman siswa tentang luas
dan keliling beberapa bangun datar seperti segitiga. Mengajukan pertanyaan, seperti:
1. Apakah rumus luas dari bangun segitiga?
2. Apakah rumus keliling dari bangun segitiga?
·
Guru
mengingatkan kembali tentang mencari luas dan keliling
|
5 menit
|
|
3
Motivasi:
Guru
memberikan motivasi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik maka
siswa harus mengikuti aturan dalam pelajaran matematika, yaitu:
a.
Memperhatikan
dengan seksama ketika guru menjelaskan
b.
Mau
berbagi kepada sesama teman dan tidak egois
c.
Berani
bertanya apabila belum mengerti
|
2 menit
|
|
4
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini.
|
1 menit
|
Inti
|
|
85 menit
|
|
Eksplorasi
|
|
|
1.
Siswa
diminta untuk membaca materi tentang luas permukaan prisma dan limas
|
10 menit
|
|
2.
Siswa
mengkomunikasikan hasil permikirannya secara lisan mengenai luas permukaan prisma
dan limas.
|
3 menit
|
|
Elaborasi
|
|
|
1.
Siswa
dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
terdiri dari 3-4 orang
|
1 menit
|
|
2.
Guru
memberikan kertas yang berbentuk jaring-jaring prisma segitiga untuk menemukan
luas permukaan kepada masing-masing kelompok
|
1 menit
|
|
3.
Siswa
berdiskusi bersama kelompoknya dengan bimbingan guru tentang cara menemukan
luas permukaan prisma segitiga secara demokratis
dan santun
|
10 menit
|
|
4.
Guru
memberikan selembar kertas soal kepada setiap kelompok yang berkaitan dengan
luas permukaan prisma segitiga untuk dihitung
|
1 menit
|
|
5.
Siswa
berdiskusi bersama kelompoknya dengan bimbingan guru tentang cara menghitung
luas permukaan prisma segitiga dengan cermat,
teliti, dan pantang menyerah.
|
15 menit
|
|
6.
Perwakilan
dari setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan percaya dan tanggungjawab diri sedangkan
kelompok lain menanggapi dengan saling menghargai.
|
10 menit
|
|
7.
Guru
menerangkan tentang macam-macam prisma dan untuk memahaminya dengan
mengetahui luas dan keliling alasnya
|
10 menit
|
|
8.
Guru
memberikan kertas yang berbentuk jaring-jaring limas segiempat untuk
menemukan luas permukaan kepada masing-masing kelompok.
|
1 menit
|
|
9.
Siswa
berdiskusi kembali bersama kelompoknya
dengan bimbingan guru tentang cara menemukan luas permukaan limas secara demokratis dan santun
|
10 menit
|
|
10.
Perwakilan
dari setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan percaya diri dan tanggungjawab sedangkan
kelompok lain menanggapi dengan saling menghargai.
|
5 menit
|
|
Konfirmasi
|
|
|
1.
Guru
menanggapi hasil kerja siswa kemudian memberikan informasi yang bemar, apakah
yang dilakukan siswa sudah benar / belum. Jika masih ada siswa yang belum
benar maka diberi motivasi dan bimbingan
|
4 menit
|
|
2.
Guru
memuji hasil pekerjaan siswa yang benar dan yang memiliki kinerja yang baik.
|
1 menit
|
|
3.
Guru
membimbing siswa dalam membuat kesimpulan terkait dengan materi yang telah
dibahas.
|
3 menit
|
Penutup
|
|
25 menit
|
|
1.
Memberikan
tes tulis berupa uraian secara individu
|
20 menit
|
|
2. Siswa menjawab pertanyaan
refleksi secara lisan dengan metode
tanya jawab:
·
Hal baru apa yang kamu dapatkan hari ini?
·
Bagaimana suasana pembelajaran hari ini?
·
Materi mana yang kamu rasa masih belum kamu pahami?
|
3 menit
|
|
3. Guru menginformasikan materi
selanjutnya yang akan membahas tentang
menghitung luas permukaan limas,
.volume kubus dan volume balok
|
1 menit
|
|
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan peasan untuk tetap
belajar
|
1 menit
|
F.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Pembelajaran (terlampir)
a.
Jaring-jaring
prisma dan limas yang terbuat dari kertas.
b.
Selembar
kertas untuk menghitung luas permukaan prisma
2.
Sumber
Pembelajaran
Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri.
2008. Matematika konsep dan aplikasinya SMP kelas 8. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
G.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar (terlampir)
Teknik
: tes tulis individu
Bentuk
:tes uraian
H.
Tindak
Lanjut
Skor
standar kelulusan adalah = 85
Jika
85 maka remidial
Jika
85 maka pengayaan
Dapat
disimpulkan:
Untuk
siswa yang remidial akan diberikan
1.
Pembelajaran
diluar jam pelajaran sekolah
2.
Soal
yang lebih mudah
Untuk
siswa yang pengayaan akan diberikan
1.
Soal
yang bervariasi dan tingkat kesulitannya lebih tinggi diluar jam sekolah
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Hj. Kanti
Rahayu, S.Pd.MM
NIP. 19620109
198302 2 002
|
Cirebon, Januari
2015
Guru Mata
Pelajaran
Dra. SUTINI
NIP. 19640125
199702 2 001
|
Lampiran 1
Bentuk Media Pembelajaran
a.
Berbentuk
jaring –jaring prisma dan limas yang terbuat dari kertas karton dengan
menjumlahkan seluruh sisinya
1.
Jaring-jaring
prisma segitiga
2.
Jaring-jaring
limas segiempat
b.
Soal
untuk setiap kelompok tentang prisma
1. Suatu
prisma alasnya berbentuk segitiga
siku-siku dengan panjang sisi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm, serta tinggi
prisma 12 cm. Tanpa menggambar
terlebih dahulu, tentukan luas permukaan
prisma
Lampiran 2
Instrumen Penilaian berupa tes tulis
No
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Tuliskan rumus luas permukaan prisma!
|
15
|
2.
|
Perhatikan
prisma segitiga pada gambar di samping. Dari gambar tersebut, tentukan luas
alas prisma segitiga
|
50
|
3.
|
Tuliskan bagaimana
menemukan rumus luas permukaan limas!
|
35
|
Kunci jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
(2
x
luas
alas) + (keliling alas x tinggi)
|
25
|
2.
|
Diket:
AC = 3 cm FE = 5
cm
AB = 4 cm BE = 9 cm
Ditanya :
L permukaan pisma segitiga
= ......
jawab:
L alas Prisma segitiga =
= 6
Keliling alas = 4 + 3 + 5 = 12
L.P prisma = (2 x
luas
alas) + (keliling alas x tinggi)
= (2 x 6) + (12 x 9)
= 12 + 108
= 120
jadi, luas permukaan prisma tersebut 120 cm2
|
5
5
10
10
10
5
5
|
|
Jumlah
|
50
|
3.
|
Luas permukaan limas
= luas persegi ABCD
+ luas
TAB + luas
TBC + luas
TCD + luas
TAD
=
luas persegi ABCD +(luas
TAB + luas
TBC + luas
TCD+ luas
TAD)
=
luas alas + jumlah luas seluruh sisi tegak
|
10
10
10
5
|
|
Jumlah
|
30
|
Total skor
|
100
|
Comments
Post a Comment